Ujian Semester di SMA Negeri 1 Soe, Dilakukan Secara Online, Ini Alasannya

Ujian Semester di SMA Negeri 1 Soe, Dilakukan Secara Online, Ini Alasannya

TTS. Spektrum-ntt.com || SMA Negeri 1 Soe lakukan ujian semester secara online, 

Hal ini dikatakan ketua panitia ujian semester, bapak Adrianus Amsikan, S.pd saat ditemui di ruang kerjanya. (08/06/2020)

Kepada media, , Adrianus Amsikan, S.pd mengatakan bahwa Menyangkut Teknis pihak sekolah menggunakan E-learning sejak awal maret yang mana aplikasi tersebut dikembangkan oleh sekolah melalui Computer Base Test (CBT). sehingga siswa dapat belajar online maupun ujian online.

“kita menggunakan Elearning sejak awal maret, dan aplikasi itu dikembangkan oleh sekolah yaitu Computer Base Test (CBT) untuk membantu siswa dalam melakukan pelajaran online maupun ujian online” Ungkap Adrianus.

Dirinya mengatakan bahwa mulai hari ini, SMA Negeri 1 Soe melakukan ujian semester secara online sehingga seluruh siswa dapat mengikuti melalui online dari rumah masing-masing. sedangkan di sekolah terdapat tim CBT dan kepala sekolah yang memantau jalannya ujian.

“Mulai hari ini kita sudah melakukan ujian semester atau penilaian akhir tahun secara online Menggunakan Aplikasi CBT, jadi seluruh siswa itu mengikuti ujian dari rumah karena pengaruh situasi sekarang sehingga semua siswa dan guru juga kerja dari rumah. Sedangkan hanya beberapa Orang saja yang kerja di sekolah Yaitu Tim CBT dan Kepela Sekolah, kita hanya memantau jalannya ujian jika ada yg bermasalah kita bantu untuk selesaikan”. Ungkapnya.

Lanjut Ketua Panitia, bahwa Setelah mengamati persebaran wabah covid-19, yang berdampak di seluruh sektor, pihak sekolah akhirnya memutuskan untuk memberi pulsa sebesar Rp. 50.000 untuk digunakan dalam mengakses ujian online yang dilakukan selama 5 hari

“Kita analisa karna pandemi Covid-19 dampaknya dari berbagai sektor sehingga kita subsidikan Pulsa Internet Per siswa Itu Rp.50.000, itu digunakan untuk ujian online selama 5 hari, Ungkap Adrianus

Dirinya melanjutkan bahwa pihak sekolah telah menghimbau kepada orang tua siswa untuk terus memantau anak-anaknya agar tetap mengikuti ujian online. lanjutnya bahwa biaya pulsa untuk para siswa diambil dari dana boss.

“Kami juga himbau kepada orang tua siswa untuk tetap pantau anak untuk tetap ikut ujian. Subsidi pulsa tersebut diambil dari Dana Boss”. Jelasnya.

 Menyangkut dengan teknik pelaksanaan ujian sampai dengan sekarang sudah 90% siswa sudah ikut ujian sementara yang 10% sedang ujian jam pertama sedangkan 90% sudah selesai. Untuk mekanismenya total siswa dari kelas X dan Xl itu jumlahnya 777 orang, jadi dibagi 2 server yaitu kelas X gunakan 1 server Kelas XI gunakan satu server.

Mengenai kendala, ia mengatakan bahwa sekitar 10% siswa mengalami kendala login untuk masuk dan memilih mata pelajaran. 

“Kalo soal kendala itu ada, yaitu 10% kesulitan login masuk dan salam memilih mata pelajaran itu kita bantu untuk reset ulang, itu biasanya terjadi pada Mata Pelajaran Agama. Kalau untuk ujian kedua kita Aktifkan per Mata Pelajaran sesuai jadwal dengan durasi Waktu 3 jam untuk mengerjakan soal. Setelah selesai kita kasi waktu 30 menit untuk istirahat setelah itu baru mata pelajaran kedua diaktifkan. Tutupnya (**

 

Penulis Kans

editor EppyM Photo Istimewa