EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

UNIPA Dan Politeknik Cristo Re Maumere Lakukan Pelatihan, Ini Kata Rektor UNIPA

UNIPA Dan Politeknik Cristo Re Maumere Lakukan Pelatihan, Ini Kata Rektor UNIPA

SIKKA. Spektrum-ntt.com || Rektor Universitas Nusa Nipa (UNIPA), Dr.Ir. Angelinus, M.Si mengungkapkan bahwa dosen memiliki tugas utama yakni mentransformasikan ilmu pengetahuan dan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Pernyataan ini disampaikan ketika memberikan sambutan pada saat pelatihan dasar keterampilan pembelajaran berbasis sistem informasi berbasis akademik (Perkansa) di Ruangan Sapientia UNIPA, pada Senin (28/09/2020)

Peserta pelatihan dasar keterampilan pembelajaran dan sistem informasi akademik diikuti oleh para dosen muda dari Universitas Nusa Nipa sebanyak 26 orang dan para dosen muda dari Politeknik Cristo Re Maumere sebanyak 11 orang.

Rektor UNIPA, Bapak Dr. Ir. Angelinus Vincentius mengatakan bahwa UNIPA telah memiliki 8 fakultas dan 19 program studi yang secara institusi telah terakreditasi B oleh BAN- PT. Segala upaya akan terus dibenahi untuk meningkatkan mutu dengan referensi dari 12 subsistem terutama subsistem yang ke 6 yakini dosen.

 Penguasaan keterampilan dasar akademik mutlak dimiliki oleh seorang dosen. Dosen memiliki tugas utama yakni mentransformasikan ilmu dan melakukan tridharma perguruan tinggi dengan menyesuaikan ilmu pengetahuan di era 4.0, namun harus memiliki rasa kerendahan hati.

Lebih lanjut Bapak Rektor UNIPA mengatakan bahwa banyak hal harus diketahui oleh dosen tapi tidak semua hal harus diberitahukan kepada mahasiswa, karena kampus bukan tempat untuk dosen mengajar melainkan sebagai tempat dimana mahasiswa belajar (study center Learning). Maka teknologi informasi harus wajib diketahui oleh semua pihak dalam lingkup universitas agar kesinambungan bisa terjadi.

Drs. Sabinus Nabu, ketua Yayasan UNIPA yang menyajikan materi pertama tentang passion for Succes menekankan pada paradigma pembelajaran gaya baru dimana mahasiswa menjadi pusat pembelajaran dan motivasi, bagaimana bisa membangun passion untuk menjadi sukses. Dosen bukan menjadi orang bisa tetapi menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.

Lebih jauh, Bapak Sabinus Nabu mengatakan bahwa passion for Succes yakni kecintaan akan apa yang dikerjakan tanpa paksaan. Syarat mutlaknya yakni mencintai pekerjaan itu. Syarat mutlak nya yakni ada 6 kekuatan dasar sejati yakni believe, mindset, habbit, attitude, goals, and action.

Sementara salah satu dosen muda yang mengikuti kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yayasan dan rektorat yang sudah memberikan kesempatan dalam mendesain hingga terjadinya kegiatan acara pelatihan ini. Terimakasih juga untuk wakil rektor bidang akademik, Wakil rektor tiga, ketua LP3M, para narasumber dan pihak Cristo Re Maumere.(**/red

 

penulis Orinus

editor EppyM photo istimewa