Terwujud Janji Kampanye Istri Wakil Bupati Malaka Kepada Ibu-ibu Penenun Untuk Pewarnaan Alam

Malaka.Spektrum-ntt.com|| Sesuai dengan janji kampanye Istri Wakil Bupati Malaka Ceicilia Bere Buti. ST yang mau mengajarkan para Ibu-ibu Penenun Kabupaten Malaka untuk pewarnaan alam telah terwujud. 

Demikian disampaikan Ny.Ceicilia Bere Buti kepada media ini di Malaka, pada Selasa (12/10/2021). 

Sesuai dengan janji kampanye istri Wakil Bupati Malaka ini di Desa Meotroy, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka, pada (12/11/2020) menyampaikan agar para ibu-ibu penenun yang ada di Kabupaten Malaka bisa mendapatkan pendampingan atau pelatihan akan bagaimana cara melakukan pewarnaan alam sehingga dapat menghasilkan tenunan yang berdaya jual tinggi. 

"Apabila paket SN-KT terpilih maka kita akan membentuk kelompok ibu-ibu penenun untuk bisa dilatih soal bagaimana pewarnaan alam sehingga menghasilkan tenunan yang bagus dan berdaya jual tinggi serta bagaimana cara untuk pemasarannya," janji Ceicilia Bere Buti ketika kampanye waktu itu. 

Demi menempati janji kampanye waktu itu Ny. Ceicilia Bere Buti (Istri Wakil Bupati Malaka) berinisiatif mengadakan pelatihan bagi Ibu-ibu penenun di Kabupaten Malaka, pada Jumat 8 Oktober 2021. Dengan mengundang intrusktur khusus dari Kabupaten Belu (Irene Tefa) untuk melatih Ibu-ibu perwakilan dari setiap kecamatan di Malaka. Pelatihan hari pertama tentang bagaimana memberi warna alami pada benang-benang putih yang akan digunakan oleh para penenun. 

Dikatakan Ceicilia Bere Buti bahwa kegiatan tersebut begitu berharga bagi masyarakat Kabupaten Malaka sebab ditengah tantangan arus globalisasi ini, para generasi muda mulai tidak peduli dengan hal-hal yang bersifat lokal, sebagai halnya kain tenunan khas Kabupaten Malaka.

“Kita harus terus menerus melatih ibu-ibu yang memiliki keterampilan menenun agar dapat menikmati proses alami kain tenun sehingga bisa menciptakan generasi muda yang peduli terhadap peninggalan para leluhur,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Ia mengatakan, pewarnaan alami tersebut membutuhkan proses yang perlu ditekuni secara khusus. Oleh karena itu, ia pun meminta kesediaan Ibu Irene Tefa yang saat ini bermukim di Kabupaten Belu agar dapat melatih para ibu-ibu tentang pewarnaan alami kain tenun.

Dirinya pun berharap agar dengan ini para ibu-ibu pelatihan penenun dari setiap kecamatan di Malaka mampu berbagi ilmu pengetahuan yang telah didapatkan kepada Masyarakat dari setiap kecamatan.Istri Wakil Bupati Malaka ini pun menargetkan selanjutnya semua desa di Kabupaten Malaka akan mendapatkan pendampingan yang sama. 

"Kita targetkan semua kelompok tenun di Kabupaten Malaka yang tersebar di setiap Kecamatan bisa mendapatkan pelatihan pewarnaan alam ini, agar kedepannya para ibu-ibu penenun bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menenun, sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," tutup Ceicilia Bere Buti.

(Nixon Tae) 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup