SMKS Kusuma Atambua Peringati Hardiknas dan Meraih Juara 3 Lomba Yel-yel Terbaik Tingkat Provinsi

BAGIKAN

Belu.Spektrum.Ntt.com|| Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tiap tahun dilaksanakan pada tanggal 2 Mei. Namun, peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini dilakukan pada 13 Mei 2022. Hal ini dikarenakan Hari Pendidikan Nasional 2022 jatuh bersamaan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tersebut, hari ini SMKS Katolik Kusuma Atambua memperingati dengan berbagai macam kegiatan untuk meriahkan Hardiknas yang juga merupakan hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara. 

SMKS Katolik Kusuma Atambua pun pada hari ini telah diumumkan meraih juara 3 (tiga) lomba yel-yel terbaik tingkat provinsi antar SMA dan SMK se NTT. 

Sedangkan lomba yel-yel restorasi pendidikan dijuarai SMK Syuradikara Ende, juara dua SMKN Waikabubak serta juara 3 SMKS Katolik Kusuma Atambua.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMKS Katolik Kusuma Atambua Sr. Agustina Bete Kiik, SSpS. Jumat,13/05/22. 

"SMKS Katolik Kusuma Atambua memperingati Hardiknas dengan upacara bendera yang diikuti oleh semua guru dan siswa serta perwakilan anggota TNI 743 Belu sebagai pendamping. Setelah upacara diadakan kegiatan-kegiatan perlombaan untuk memeriahkan hardiknas yaitu tarik tambang antar guru produktif dan adaptif normatif, antar siswa perprogram keahlian, selain itu lomba pecahkan balon, makan kerupuk dan gigit sendok bawa kelereng sambil goyang dan tebe bersama," jelas Sr. Agustin.  

Kepala Sekolah SMKS Katolik Kusuma Atambua ini menyampaikan bahwa, pada tahun 2022 ini Indonesia secara umum mengambil tema Hardiknas adalah "Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar". Katanya, saat ini bumi pertiwi sedang berjuang untuk pulih, berjuang untuk kembali sehat dan berjuang untuk memasuki krisis tahun ketiga merdeka belajar, sistem pendidikan kita terasa sedang mendapat penyegaran. Pelan-pelan arah pendidikan pun mulai berubah dan agaknya semakin dekat dengan tujuan dan cita-cita utama bangsa. Terlebih lagi semenjak datangnya wabah covid-19 pada periode awal, semua pihak terlihat kelabakan baik itu pemerintah, sekolah, guru, siswa-siswi hingga orang tua.

"Harapan kami, kiranya pada momentum Hari Pendidikan Nasional 2022, yaitu ingin memajukan pendidikan dan menggapai tujuan negara untuk mencerdaskan bangsa berdasarkan UUD 1945. Tiap-tiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, berhak untuk mendapatkan kemerdekaan belajar dan berhak atas kemudahan akses dalam pembelajaran," ungkap Sr. Agustin.

Ia melanjutkan bahwa, atas dasar itu SMKS Katolik Kusuma Atambua perlu bertanggung jawab untuk memulihkan dan sekaligus bersama-sama bergerak untuk menggapai merdeka belajar. 

"Dalam suasana Hari Pendidikan Nasional 2022 ini, saya (Sr. Agustina) mengajak kita semua baik guru maupun siswa, mari sama-sama kita satukan niat, satukan visi serta meningkatkan rasa optimis dalam menebar manfaat untuk kemajuan pendidikan dan NKRI. Dengan kedisiplinan dan niat yang tulus mudah-mudahan cita-cita tersebut bisa tercapai, sebagaimana Ki Hadjar Dewantara pernah berkata "Dimana ada kemerdekaan disitu harus ada disiplin yang kuat, sungguh disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri memajukan dengan sekeras-kerasnya dan peraturan yang sedemikian itu harus ada dalam suasana yang merdeka," harap Kepala Sekolah SMKS Katolik Kusuma Atambua.

Penulis :Nixon Tae 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup