SMKN Bikomi Selatan, Mengirim 46 Orang Siswa Untuk PKL

BAGIKAN

Kefamenanu. Spektrum-ntt.com|| Lembaga Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Bikomi Selatan, Kecamatan Bikomi Selatan-Kab. Timor Tengah Utara (TTU) mengirim 46 orang siswa yang berasal dari Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), Perhotelan dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) ke tempat magang per tanggal Senin 30 Agustus 2021.

Sekretaris Panitia Pelaksana (SekPanLak) Kegiatan Praktek Kerja Lapangan SMKN Bikomi Selatan (BISEL), Simon Nule, A. Md. P melalui rilisannya kepada media (Rabu, 01/09/21) menyampaikan bahwa,"untuk tahun ini, jumlah peserta didik jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) yang dimangangkan dari SMKN Bikomi Selatan, Kabupaten TTU adalah sebanyak 12 orang dengan rincian: 6 orang laki-laki dan 6 org perempuan", jelas Simon. 

Lebih lanjut Simon Nule menuturkan bahwa; rentan waktu yang digunakan oleh para peserta didik dalam kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun ini selama 3 bulan, terhitung 30 Agustus s/d 30 Desember 2021.

 "Tujuan dari praktik kerja lapangan adalah untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha. Dan melalui kegiatan PKL ini, siswa digodok dan dibentuk guna menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan kedepannya ketika dihadapkan dengan dunia pekerjaan atau dunia usaha", beber Simon.

Sebelum peserta didik diterjunkan ke lokasi Praktik Kerja Lapangan, pihak SMKN Bikomi Selatan mengundang beberapa narasumber untuk memberikan materi pembekalan dan pelepasan.

"Adapula beberapa orang panitia pelaksana PKL yang turut mendampingi para peserta didik selama berada di lokasi, diantaranya: Ketua panitia, Sekretaris, Bendahara dan Kepala Sekolah selaku penanggungjawab. Sarana, prasarana serta fasilitas pendukung berlangsungnya kegiatan PKL ini merupakan tanggung jawab sekolah", tandas Simon Nule. 

Yulia Agatha Ninu (Siswa PKL Jurusan ATPH) dari lokasi kegiatan Via WhatsApp pribadi, kepada media menginformasikan bahwa,"sejak mereka diterjunkan per tanggal 30 Agustus s/d hari ini 01 September 2021 ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah kami lakukan di kebun dinas Pertanian, yakni: pembersihan lahan (bedeng) dan terdapat 24 buah bedeng yang telah disanitasi. Waktu yang digunakan untuk bergiat di lokasi adalah sebanyak 8 jam, terhitung dari Pukul 08:00 WIB hingga Pukul 15:00 WITA", tandas Yulia Ninu.

Kepala Sekolah, Yohanes A. Balan, S. Pd., M. Pd ketika dihubungi media menjelaskan bahwa," jumlah siswa yang melakukan PKL atau Magang tahun ini adalah sebanyak 46 siswa dan tersebar di 3 Kompetensi Ilmu/ Jurusan yang berbeda, yakni: Kompetensi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) sebanyak 12 orang dengan lokasi prakteknya pada Dinas Pertanian Kab. TTU, Kebun Percontohan dan Pusat Pengembangan Tanaman Hias yang berada di Taekas", tandas Yohanes Balan.

"Untuk Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) sebanyak 22 siswa dengan beberapa sasaran tuju, antara lain: tempat produksi tempe dan tahu serta pabrik roti yang ada di sekitar kota Kefamenanu. Sedangkan untuk Jurusan Perhotelan sebanyak 12 siswa diluncurkan ke Hotel New Aston dan Hotel Amaris Kupang untuk melakukan PKL", pungkas Kepala SMKN Bikomi Selatan.

"Siswa/i Jurusan Perhotelan sudah dibekali dengan ilmu-ilmu yang mendasar sesuai kebutuhan. Ada pula beberapa bidang yang harus didalami oleh para peserta PKL dari jurusan ini, yaitu: Penerima Tamu (Resepcionist), Penataan dan perawatan Kamar (House-Keeping), Pelayan Makanan dan Minuman (Food and Drink Delivery) dan Laundry. Semua peserta didik jurusan perhotelan akan dirotasi untuk mengenal jenis-jenis bidang pekerjaan tersebut", tambah Yohanes Balan.

Kepala Sekolah Lebih lanjut menuturkan bahwa,"pihaknya menyerahkan para peserta PKL kepada mitra industri untuk diatur guna melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan agenda mitra. Segala kewenangan mitra industri tidak bisa diintervensi oleh pihak sekolah. 

"Harapannya, setiap kegiatan yang dilakukan oleh peserta PKL tidak terlepas dari bidang ilmu yang digeluti dan berdasarkan latar belakang pendidikan dan atau kompetensi keahlian yang diperoleh dari sekolah. Segala kegiatan yang dilakukan di masing-masing lokasi PKL akan tertuang dalam laporan Praktikum Kerja Lapangan baik secara individual maupun secara berkelompok".

"Fungsi kontrol dan pengawasan dari pihak sekolah terkait aktivitas masing-masing peserta PKL di setiap lokasi adalah melalui jurnal harian yang harus mereka isi setiap hari selama berlangsungnya kegiatan ini", tutup Yohanes Balan.

Sebagai informasi, sejauh ini sebanyak 46 orang peserta didik SMKN Bikomi Selatan sudah diterjunkan ke masing-masing lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL), dengan rincian 34 orang bergiat disekitar Kota Kefamenanu dan 12 orang di Kota Kupang. (Novry/SN)

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup