PemDes Bisesmus Gelar MusRemBangDes Dan Peremajaan Bumdes

BAGIKAN

MALAKA.SPEKTRUM-NTT.COM ||Pemerintah Desa Bisesmus, Kecamatan Laenmanen, Kabupaten Malaka gelar Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) dan Peremajaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk Tahun Anggaran 2023.

 

 

Demikian informasi dihimpun media ini pada, Kamis (08/09/22) di lokasi.

 

 

Ketua BPD, Dominikus Un Asa dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, musyawarah pada hari ini adalah rencana pemerintahan tahun anggaran 2023, dan yang kedua peremajaan badan usaha milik desa (bumdes). 

 

 

"Masyarakat sangat antusias dan ikut berpartisipasi dengan baik, karena suatu musyawarah dilakukan dengan tujuan untuk mencapai mufakat atau persetujuan bersama, serta prinsip-prinsip kegiatan ini termasuk bagian dari demokrasi inilah partisipasi masyarakat," katanya.

 

 

berharap semoga kegiatan hari ini, berjalan sesuai dengan rencana tahapan tahapannya. 

 

 

"Sebagai Badan Permusyawaratan Desa (BDP), kewajiban untuk mengawal dan bagaimana langkah selanjutnya sehingga jalan keluarnya akan menghasilkan hasil yang baik untuk masyarakat," ungkapnya.

 

 

Opportunity yang sama, Fransiskus Bokun selaku PJ Desa Bisesmus menuturkan bahwa sebagai pemerintahan desa, dirinya merasa senang karena masyarakat Bisesmus bisa menghadiri kegiatan rencana pemerintahan desa tahun anggaran 2023. 

 

 

"Kita semua berharap dibulan November, kita bisa mengadakan musrembangdes. Oleh karena itu, diharapkan bapak/ibu yang hadir pada kesempatan hari ini agar bisa hadir untuk melihat kembali hasil hari ini, sehingga kedepan kita bisa menetapkan hasil musyawarah kita hari ini," katanya.

 

 

Salah satu tokoh masyarakat Desa Bisesmus, Nikodemus Fouk mengatakan bahwa melihat kondisi hari ini sukses. Namun, dirinya sangat mengkhawatirkan karena kehadiran masyarakat pada hari-hari ini tidak seimbang.

 

 

"Sebagian masayarakat dari dusun lain tidak hadir, dan hanya beberapa saja yang hadir, saya menerima untuk menerima kritikan mereka di hari-hari yang akan datang," tulisnya.

 

 

Koordinator Pendamping Desa Tingkat Kecamatan, Ferdinandus Tefa turut menyampaikan aspirasinya bahwa, sejauh ini proses pembangunan Bisesmus sudah melakukan implementasi tahun 2022 DD tahap satu dan sekarang proses untuk melakukan pengembangan tahap kedua. 

 

 

Sambungnya, terkait dengan perencanaan tahun 2023 kita sudah dua kali melakukan musyawarah.

 

 

"Musyawarah yang pertama adalah musyawarah dusun, dan setelah kita selesai satu bulan lalu dan pada hari ini kita melaksanakan musyawarah tingkat Desa membahas rencana kerja serta kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diagendakan dalam rencana kerja desa tahun anggaran 2023," jelasnya.

 

 

Menurut Ferdinandus, untuk Desa Bisesmus dari 9 Desa yang berada di kecamatan Laen Manen Desa Bisesmus sebagai perdana melakukan musyawarah Desa untuk persiapan tahun anggaran 2023 dan dari 9 Desa ini baru Desa Bisesmus Desa pertama yang melaksanakan Musyawarah Desa.

 

 

di balik itu kegiatan MusRemBangDes ini diselenggarakan di Kantor Desa Bisesmus. Turut hadir dalam kegiatan tersebut; Pendamping Desa tingkat kecamatan, Pejabat Desa Bisesmus bersama jajaran,Badan permusyawaratan Desa (BPD), Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat Desa Bisesmus.

 

 

Penulis: Lius Asa

logo logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup