Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Wolojita Tahun 2022 Digelar

BAGIKAN

ENDE. SPEKTRUM-NTT. COM || Musrenbang rancangan kegiatan pembangunan desa, (RKPD) di tingkat kecamatan wolojita tahun 2022 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023, Jumat 18/02/2022.

Kegiatan Musrenbang ini di buka langsung oleh bapak camat wolojita Marianus Saverinus Dawa, SE bahwa kegiatan musrenbang ini sangat bermanfaat untuk masyarakat desa, guna untuk mendiskusikan semua persoalan yang berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan di tingkat desa, yang betul-betul diprioritaskan sehingga bisa mengusul program-program ke dinas terkait.

Dirinya mengharapkan apa yang di usulkan oleh masyarakat desa bisa terjawab, seharusnya banyak yang di usul, hanya karna dibatasi dengan pagub indikatif dengan nominal 1,8 miliar untuk tingkat kecamatan,"jelas Saverinus 

Sementara itu dalam sambutan anggota DPRD kabupaten Ende dari partai Berkarya Yohanes Marianus Kota mengatakan bahwa usulan-usulan masyarakat desa, belum terpenuhi langsung oleh dinas-dinas terkait. terlebih khususnya, dinas koperasi dan Nakertrans. tentu ini juga menjadi catatan bersama apa lagi ini yang harus di prioritaskan untuk kebutuhan sumber daya manusia, bukan hanya kejar infrastruktur pembangunan saja. 

Tetapi dalam peningkatan ekonomi kerakyatan juga penting untuk kita jalankan, maka dari itu sekretaris komisi 2 ini mengusulkan pengembangan ekonomi kerakyatan harus ada di setiap desa.sehingga masyarakat desa bisa mendapatkan bantuan dari dinas koperasi, seperti UKM (kios) perbengkelan, dan lain sebagainya," pungkasnya. 

Sama halnya dinas Nakertrans bahwa harus ada pelatihan-pelatihan seperti pendidikan informasi di tingkat kecamatan dan desa.sehingga bisa menghasilkan manusia yang berkualitas.

entara itu Yani Kota menambahkan bahwa renja dari OPD-OPD harus dikomunikasikan di pihak kecamatan, sehingga camat juga menyampaikan lanjut renja itu di tingkat desa, pada saat musrenbangdes.

Sehingga usulan itu bukan hanya dari dana pidelspikel, tetapi bisa diintervensi langsung melalui dana pokir, atau dana Dak, atau juga dana Dauk," pungkas sekretaris komisi || Yani Kota.

Turut hadir dalam acara musrenbang tersebut camat wolojita Saverinus Dawa, SE anggota DPRD kabupaten Ende, Yohanes Marianus Kota, sekretaris Bapeda, kepala dinas pendidikan Mensi Tiwe, kepala dinas penanaman modal, Kanis Poto dan perwakilan OPD, kepala desa ketua BPD, tokoh perempuan, tokoh muda, di seluruh kecamatan wolojita

Penulis :Albert Rati

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup