Mahasiswa KBPM Unkris Kupang Gelar Kegiatan Baksos di Desa Rinbesihat, Belu.

BAGIKAN

BELU.SPEKTRUM-NTT.COM || Mahasiswa/i Universitas Kristen (UNKRIS) Artha Wacana Kupang melangsungkan Kegiatan Belajar Pengabdian pada Masyarakat (KBPM) gelar berbagai jenis kegiatan bakti sosial di Desa Rinbesihat, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Berdasarkan pantauan media di lokasi, kegiatan pemasangan papan informasi bagi aparat desa ini dilangsungkan di setiap dusun yang tersebar di wilayah Pemerintah Desa Rinbesihat, Kecamatan Tasifeto Barat-Belu.

Para civitas KBPM Unkris Kupang secara door to door ke setiap rumah aparat desa dari tingkat RT dan RW serta terbagi dalam dua kelompok dengan masing-masing beranggotakan 9 s/d 10 orang.

Demikian informasi dihimpun oleh media ini, Senin (14/03/22) sore.

Gerdi Tane, saat dikonfirmasi media ini, menyampaikan bahwa; kegiatan pemasangan tanda pengenal/papan informasi hari ini hanya untuk aparat desa khususnya bagi Ketua RT dan RW yang tersebar di wilayah Desa RinbesiHat. Dan hari ini, kami baru memulai di beberapa dusun, diantaranya: Dusun Seo A, Dusun Seo B dan Dusun Loo'ho.

Beberapa dusun yang belum dikunjungi hari ini, yaitu: Dusun Dinleo, Dusun Maktaen, Dusun Bekomean dan Dusun Akdirunsikun beserta RT dan RW yang berada di dusun tersebut. Dan teruntuk beberapa dusun yang belum dikunjungi hari ini, pihaknya akan menyelesaikan pada Selasa (15/03/22).

Dikatakan Gerdi, pihaknya hanya memasang papan identitas beberapa aparat di rumah setiap RW, RT. Dan untuk para Kepala dusun (Kadus) kegiatan ini belum dieksekusi karena saat ini pemerintah Desa RinbesiHat sedang melakukan peremajaan dan atau perekrutan kepala dusun yang baru, ungkap Gerdi.

Lanjut Gerdi, pihaknya melangsungkan KBPM di Desa RinbesiHat ini selama ± 1 bulan terhitung sejak 02 Februari s/d 05 Maret 2022. Dan sudah seharusnya kami kembali ke universitas pada tanggal 5 Maret, kemarin. Namun, oleh karena adanya penambahan waktu dari pihak universitas dengan termin waktu selama 2 minggu maka hingga hari ini kami masih berada di Desa RinbesiHat, terhitung sejak tanggal 06 s/d 14 Maret.

Lanjutnya, esok para mahasiswa KBPM akan menyelenggarakan ceremonial penutupan kegiatan bersama pemerintah desa setempat sekaligus perpisahan bersama. Oleh karena itu, segala dukungan baik material maupun moril dari masyarakat Rinbesihat, sangat kami butuhkan guna melanjutkan tugas yang sedang kami emban di bangku kuliah.

Mewakili teman-temannya, Gerdi memohon maaf kepada pemerintah desa bersama staf serta masyarakat Rinbesi Hat pada umumnya jika selama ini ada tutur kata yang salah, tindakan-tindakan yang menyinggung perasaan bapak/ibu. Kami mohon dimaafkan, tutupnya.

Kesempatan lain, salah satu aparat pemerintah desa yang tak ingin disebutkan namanya menyampaikan bahwa, dirinya mewakili pemerintah desa secara pribadi mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh para mahasiswa KBPM ini.

Saya sangat terima kasih kepada mahasiswa ini, karena kehadiran mereka disini dalam melaksanakan kegiatan akademik yakni KBPM, wajah Desa Rinbesi Hat mulai nampak dari segi administrasi. Untuk tanda pengenal yang dipasang di masing-masing rumah milik staf pemerintah desa baik RT maupun RW merupakan hal positif yang menunjang keterbukaan serta informasi kepada publik, tutupnya.

Diketahui bahwa; terdapat beberapa jenis kegiatan yang sudah digelar oleh civitas KBPM, yakni: Pembangunan tanda cindera mata di sekitar kantor desa, kunjungan ke tempat-tempat ibadah, Sensus GMIT bagi masyarakat yang beragama Kristen, Sensus Data Perlindungan anak dan perempuan (DP3A) untuk menekan angka stunting, Pemasaran Sale Pisang untuk mendukung kegiatan BUMDES, Pengadaan Pakan Probiotik untuk para pengusaha ikan air tawar, dan Bakti Sosial bersama aparat desa bagi masyarakat yang dampak banjir. Jumlah civitas KBPM sebanyak 19 orang yang berasal dari Fakultas dan Program Studi (Prodi) yang berbeda, diantaranya; Fakultas Ekonomi: Program studi Manajemen 5 orang, Akuntansi 9 orang, Fakultas KIP: Program Studi PJKR 1 orang dan Ilmu Pendidikan Teologia (IPTH) 1 orang, Fakultas Perikanan: Program Studi Manajemen Sumber daya Perairan (MSP) 2 orang, Fakultas Pertanian: Program Studi Mekanisasi Pertanian 1 orang. (**Novryano).

logo logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup