Kembali Adakan Diksarmil Menwa 962 JM/PNK, Diharapkan Menjadi Agent of Change Bagi Mahasiswa Lain

BAGIKAN

Kupang.Spektrum-Ntt.com|| Kampus Politeknik Negeri Kupang kembali melaksanakan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Resimen Mahasiswa Satuan 962 Jaguar Merah, Politeknik Negeri Kupang untuk perekrutan angota Menwa baru tahun anggaran 2022/2023. 

Resimen Mahasiswa Satuan 962, Jaguar Merah Politeknik Negeri Kupang baru kembali dilaksanakan sebab selama dua tahun fakum karena pandemi covid-19. Dengan adanya perekrutan angota Resimen Mahasiswa Satuan 962 Jaguar Merah tahun ini diharapkan bisa menjadi agent of change bagi mahasiswa yang lain di Politeknik Negeri Kupang. 

Demikian disampaikan Wadir III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jemsrado Sine, ST., M.Eng., kepada media, seusai upacara pembukaan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil), Senin, 19/09/22.

Dengan adanya 22 anggota yang mengikuti Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Menwa tahun ini bisa menjadi agent of change, bahwa lewat mereka kedisiplinan yang akan ditunjukkan setelah hasil didikan selama satu minggu dapat membawa dampak-dampak positif bagi mahasiswa Politeknik Negeri Kupang, baik itu mental yang kokoh, dan kuat, kedisiplinan yang tinggi dan membangun karakter yang baik, sehingga mereka bisa menjadi contoh untuk mahasiswa yang lain serta mahasiswa Politeknik Negeri Kupang bisa lebih disiplin dan berkarakter yang baik. 

"Kami sangat berharap Menwa Satuan 962 Jaguar Merah sebagai agent of change bagi mahasiswa yang lain, sebagai contoh kedisiplinan yang tinggi, membangun mental yang baik dan berkarakter yang baik, sebab itu adalah warna Politeknik yang sebenarnya," harap Jemsrado. 

Ia melanjutkan bahwa, pada awal Politeknik Negeri Kupang didirikan semua mahasiswa diwajibkan mengikuti Resimen Mahasiswa, akan tetapi dengan beriringnya waktu, dengan adanya kemajuan teknologi dan memasuki zaman milenial semakin minim minat mahasiswa untuk berpartisipasi. 

"Tetapi kami tidak mau mahasiswa terbawa dengan keadaan yang sekarang dan kami kembali membawa mereka untuk masuk sebagai Resimen Mahasiswa dan ini akan berlanjut terus sepanjang Politeknik masih ada," ungkap Wadir III Politeknik Negeri Kupang. 

Terpisah disampaikan Letkol Adm. Eddy Chandra (Pekas Lanud El Tari Kupang), dirinya juga merupakan Alumni Resimen Mahasiswa sewaktu berkuliah. Pada kesempatan itu Eddy Chandra menyampaikan bahwa, Resimen Mahasiswa Satuan 962 Jaguar Merah/Politeknik Negeri Kupang bisa menghasilkan calon-calon pemimpin di negeri ini dengan berkarakter yang baik. 

"Disini para Menwa diajarkan bagaimana disiplin dan bagaimana mengorganisir orang, teman, sehingga untuk menjadikan sesuatu organisasi yang lebih baik, jiwa kasatria, pantang menyerah, itu sangat dibutuhkan oleh negara ini saat ini dan kedepannya," harap Eddy Chandra. 

Dikatakannya bahwa, tidak membutuhkan orang-orang jagoan atau pintar tetapi tidak berkarakter, kejujuran dan kedisiplinan merupakan nafas dari seorang Menwa. 

"Tanpa disiplin yang tinggi, tanpa jiwa kasatria maka sehebat apapun manusia itu akan buruk, harapan saya agar adik-adik jauh lebih hebat dari saya, berkarya tanpa harus berfikir bahwa dia akan menjadi apapun, dia harus berguna minimal buat dirinya sendiri, itulah ajaran dari Menwa," ucap Alumni Resimen Mahasiswa itu. 

Lebih lanjut disampaikan Serma Yohanes Pape ( Pelatih) dari Korem 161 Wira Sakti menjelaskan bahwa, tujuan dari Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Resimen Mahasiswa tersebut adalah untuk membentuk karakter sebab Menwa sebagai ujung tombak salah satu komponen cadangan yang diutamakan dalam perubahan situasi saat diperlukan. 

"Hal ini untuk melatih disiplin, melatih fisik dan pembentukan karakter," pungkas Serma Yohanes. 

Kegiatan tersebut atas dasar:

a. Surat Telegram Panglima TNI Nomor: ST/503/2013 Tertanggal 7 Mei 2013 Tentang Instruksi Panglima TNI agar para Pangkotama Memfasilitasi Pendidikan dan Latihan Resimen Mahasiswa,

b. Keputusan Bersama Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Pemuda dan Olahraga, Nomor KB/11/XII/2014: Nomor: You 421.73/6660a/SJ; Nomor: 6/M/MOU/XII/2014; Nomor: 1175/Tahun 2014 Tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa Indonesia Dalam Bela Negara.

c. UUD Negara Republik Indonesia pasal 30 tentang Pertahanan dan Keamanan Negara. d. UU No. 3/2002 tentang Pertahanan Negara.

e. Program Kerja Satuan 962/Jaguar Merah Politeknik Negeri Kupang bidang Pendidikan dan Latihan. 

f. Surat Perintah Komandan Satuan Nomor: Sprint-001/Kosatmenwa 962/1/2019 Tentang Pembentukan Struktur Komando Latihan Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Satuan 962/Jaguar Merah/Politeknik Negeri Kupang Tahun Ajaran 2019.

Pendidikan dan Latihan Dasar Resimen Mahasiswa Satuan 962/Jaguar Merah/Politeknik Negeri Kupang Agar dan diberdayakan oleh Perguruan Tinggi Supaya Regenerasi Anggota Baru Terus Berlanjut.

Kebutuhan Personil Kebutuhan Anggota Setiap Tahun Ajaran Baru Berkisar 30-50 Orang

Penyelenggara Latihan

Komando Latihan Satuan 962/Jaguar Merah/Politeknik Negeri Kupang

Sebanyak 15 orang, putra 7 orang dan putri 8 orang. Jumlah calon siswa Menwa 22 orang, putra 11 orang dan Putri 11 orang. 

Hadir pada pembukaan tersebut yang membuka kegiatan Wadir III Politeknike Jemsrado Sine, ST., M.Eng, Letkol Inf. I Gede Putu Suwardana (Kasdim 1604 / Kupang),Letkol Adm. Eddy Chandra (Pekas Lanud El Tari Kupang), Mayor Inf. Sadiman (Mewakili Danrem), Yohanes L. Watun (Rescuer Penyelia BASARNAS NTT), SKOMEN MAHADANA NTT. 

Terdapat juga pelatih Serma Yohanes Pape ( Pelatih) dan Serka Vinsensius Sangalir (Pelatih). 

Penulis :Nixon Tae 

 

 

logo logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup