Kabid PPBK Pimpin Penanggulangan Bencana Kebakaran di Kantor Imigrasi Atambua

BAGIKAN

BELU. Spektrum-ntt.com|| Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran (PPBK) Kabupaten Belu melakukan Kegiatan Simulasi/Sosialisasi Penanganan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran (PPBK) di ruang lingkup Kantor Imigrasi Kelas II. Sabtu, 18 September 2021.

Sebagai upaya peningkatan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran yang dapat terjadi di sekitar lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, Kepala kantor Imigrasi Atambua beserta seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua mengikuti kegiatan sosialisasi atau simulasi penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas II TPI Atambua, K. A. Halim dalam sambutannya mengatakan bahwa,"pihaknya berterimakasih atas usaha dan kerja keras serta kehadiran Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) yang memberikan simulasi penanganan dan penanggulangan terhadap Bencana Kebakaran pada hari ini", ungkap Halim.

Kepala Kantor Imigrasi pun mengharapkan agar seluruh pegawai yang mengikuti kegiatan simulasi ini dapat memperhatikan dengan baik terhadap penjelasan yang diberikan", pinta Halim.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua teredukasi guna memperoleh pemahaman serta pengetahuan terkait strategi yang akan dipakai untuk menangani, menanggulangi serta meminimalisir situasi kedepannya terutama disaat terjadinya kebakaran di kantor, di rumah atau dilingkungan sekitar", tutup K. A. Halim.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penanganan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran (PPBK), Marius Wiluraha menyampaikan bahwa; kegiatan simulasi penanganan bencana kebakaran ini merupakan langkah yang wajib dilakukan dan disosialisasikan pada setiap masyarakat khususnya pegawai kantor guna mengantisipasi bencana kebakaran yang dapat terjadi dimana saja", jelasnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktek langsung oleh pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Belu terkait pengenalan kelas api dan bagaimana penanggulangan/penanganan terhadap bencana kebakaran sesuai dengan kelas dan kondisi api di lapangan dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan menggunakan kain basah serta melibatkan beberapa pegawai dan PPNPN Kanim Atambua.

Kegiatan simulasi diakhiri dengan penjelasan dan praktek cara mengevakuasi korban saat terjadi bencana kebakaran.

Untuk diketahui, kegiatan simulasi ini dilangsungkan di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua. Terhitung dari jam 08:00 s/d selesai. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan. (Novry/SN)

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup