Ingin Membangun Desa, Ferdinando Tae Maju Dalam Pilkades Umutnana, Malaka

BAGIKAN

Malaka.Spektrum-ntt.com || Ferdinando Tae memantapkan diri untuk menjadi calon Kepala Desa Umutnana, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Figur muda ini, sangat di harapkan masyarakat untuk turut membangun daerah. 

Ferdinando Tae yang akrab disapa Nando merupakan mantan Sekretaris Umum Itakanrai Kupang. Selain aktif dalam berorganisasi, alumnus Fakultas Perikanan Universitas Kristhen Arta Wacana Kupang ini, memiliki mimpi besar untuk membangun desa, tempat ia dilahirkan. 

Keinginan tersiratnya, selaras dengan kerinduan beberapa masyarakat akan figur muda potensial yang mampu mengembangkan segenap potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Desa Umutnana dengan pola kepemimpinan yang transparan, adil dan bijaksana. Beberapa tokoh masyarakat di desanya kemudian 'meminangnya' untuk turut meramaikan pesta demokrasi pemilihan kepala desa tahun 2023 mendatang. 

Menurut Nando, jika ini keinginan masyarakat untuk generasi muda memimpin dan turut berkontribusi untuk daerah "Saya secara pribadi siap dan maju untuk mewakili generasi muda. Pada prinsipnya berproses saja dulu, hasilnya akan dijawab oleh waktu,"ujar Nando mantan Sekertaris Umum Itakanrai Kupang.

Bagi Nando setiap momentum Pilkades, bukan ajang untuk bereuforia namun harus betul - betul lahir sebuah refleksi panjang untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat terpilih nanti.

"Saya berharap agar dalam masa-masa solid, masyarakat harus tetap menjaga relasi persaudaraan, kekompakan, jangan sampai membangun permusuhan di antara kita hanya karena beda pilihan. Kita ingin hidup bertetangga yang rukun, aman dan damai. Jangan hanya karena berbeda pilihan, kita harus bermusuhan," tandasnya.

Terpisah, Tokoh masyarakat Laurensius Nobas(Pah Laurens-Uimrisu Tuan), mengaku figur muda ini, sangat di harapkan masyarakat untuk turut membangun daerah, dalam hal ini desa umutnana tempat kita berpijak.

"Nando Tae merupakan Seorang sosok muda yang sangat diharapkan, karena memiliki pengelaman dan ilmu yang di mumpuni ini, mampu untuk melakukan komunikasi dengan baik di tengah-tengah publik, sehingga masyarakat berharap untuk mencalonkan diri sebagai calon desa di desa Umutnana, karena menjadi pemimpin, point yang paling pertama adalah komunikasi, kordinasi dan relasi yang efektif dan baik, agar tidak terlihat kaku,"jelas Lorens.

Bahkan kata dia, tidak semua orang bisa menjadi pemimpin. Selain memiliki dedikasi tinggi dan keuletan, ada syarat lain yang harus dimiliki sebagai pemimpin atau paling tidak calon pemimpin.

Seorang pemimpin minimal harus bisa membangun, adakan relasi baik dengan bawahannya untuk melakukan tugas yang diberikan. Jadi, saat ada batu sandungan di tengah perjalanan, seorang pemimpin harus bisa memotivasi bawahannya, untuk lebih baik, hingga benar-benar berkembang, dan maju.

Banyak orang berkata Nando masih sangat muda, tetapi dapat dipastikan, ketika menjadi pemimpin, maka pola pikir seseorang otomatis akan berubah. Akan berpikir lebih logis dan selalu mengedepankan apa yang dirasakan orang lain dibandingkan dirinya sendiri.

"Saya harus sampaikan secara jujur untuk publik bahwa banyak masyarakat Umutnana yang mendukung, sehingga meminta Nando untuk mencalonkan diri. Kami masyarakat sudah siap dan menanti pembukaan pendaftaran cakades di Malaka dan siap mendaftarkan seorang sosok Nando sebagai Figur yang baik dan punya integritas,"paparnya. (* red. 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup