Gawat. Kadis Dukcapil Malaka Angkat Bicara, Soal Pegawainya yang Tak ingin Pakai Masker

Gawat. Kadis Dukcapil Malaka Angkat Bicara, Soal Pegawainya yang Tak ingin Pakai Masker

Malaka.Spektrum-ntt.com || Pelayanan di Dukcapil Kabupaten Malaka abaikan protokol kesehatan, dinas yang berinteraksi langsung dengan seluruh masyarakat dalam pengurusan dokumen keperluan masyarakat, yang seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat agar menggunakan masker, namun malah sebaliknya pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka abaikan protokol Covid-19. (12 /06 /2021)

Pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka pada hari kamis, 10 Juni 2021, menegur salah satu warga asal Kabupaten Malaka yang hendak mau mengurus surat di Dukcapil Kabupaten Malaka  ia di tegur karena tidak menggunakan masker, akan hal itu masyarakat tersebut langsung mengindahkan teguran itu dengan secepatnya mengambil masker untuk di pakai, sehingga bisa segera melanjutkan urusannya  tersebut. 

Namun pada saat itu Manek Tae salah satu masyarakat yang hendak mengurus KTP bersamaan dengan salah satu masyarakat yang di tegur oleh pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka,  merasa tidak puas dan menegur balik pegawai Dukcapil tersebut karena pegawai yang melakukan peneguran kepada masyarakat agar menggunakan masker, tapi malah dirinya sendiri juga tidak memakai masker. 

" pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka memang benar-benar abaikan protokol Covid-19, Ibu itu menyuruh orang untuk pakai masker, tapi dia sendiri tidak pakai, ini aturannya dimana" jelas Manek

Manek Tae menerangkan bahwa pada saat itu ia melihat seorang pemuda sedang di suruh pulang oleh pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka untuk kembali menggenakan masker karena pemuda itu tidak memakai masker pada saat mau mengurus surat.

" saya lihat itu ibu ada suruh pulang kaka itu untuk pakai masker baru bisa masuk ke dalam, itu benar, tapi yang tidak puas adalah dia suru orang pakai masker tapi ibu itu sendiri tidak pakai masker" jelasnya

Pada saat itu Manek Tae memberikan contoh bahwa Presiden saja sudah di Vaksin tapi masih tetap taat pada protokol Covid-19, dengan tetap memakai masker, dan aturan itu sudah jelas untuk semua orang. Tetapi hal ini berbeda dengan pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka yang pada saat di tegur balik malah membantah dan katakan mereka sudah di Vaksin jadi bebas. 

" Alasan mereka itu bahwa mereka sudah di Vaksin jadi mereka bebas untuk tidak memakai masker di dalam ruangan kantor pelayanan, apakah aturannya begitu, jadi semua orang yang sudah di Vaksin bisa bebas tidak pakai masker" pungkas Manek 

Dalam vidio terlihat jelas bahwa pegawai Dukcapil Kabupaten Malaka abaikan protokol atau tidak memakai masker. Ketika di tegur balik malah membantah dan katakan hal ini. 

"kamu ada hak apa urusan dengan saya, kau Ijin ee, mau sok jagoan di sini, kami tidak ada urusan dengan kamu kalau pakai masker, kami tidak tahu kamu vaksin atau tidak, kami sudah divaksin. kamu diam kamu urusan apa supaya kami layani lu,tidak ada urusan masker di sini,kami tidak ada waktu urus pak omong masker,kalau mau datang urus kependudukan sini kami layani, tidak usah datang urus kamu punya masker kamu ribut mau kenapa pak sebagai apa, pak punya tugas kaa.. urus orang pakai masker di sini" beber pegawai itu dalam vidio yang diterima media

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Malaka, Fredinandus Rame, S.Ip., M.Si ketika dikonfirmasi media menyampaikan bahwa sudah ada aturan jelas dan setiap hari sebelum pelayanan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat oleh ASN/Teda, dan terdapat dua hal yang harus diperhatikan dan apabila terdapat tenaga kontrak daerah (Teda) tidak memakai masker maka hal itu melawan Kadis Dukcapil Kabupaten Malaka. 

"Ya.. TEDA yang melawan Kadis dengan tidak pakai Masker. Pada hal setiap hari sebelum Pelayanan Dokumen Kependudukan kepada Masyarakat oleh ASN/TEDA Dinas Dukcapil.Kab.Malaka diumumkan lebih dahulu oleh Kadis.atau Salah Satu Pejabat di Dinas Dukcapil.Kab.Malaka minimal tentang 2 (Dua) hal yaitu:1.Duduk Jarak. Duduk Jarak ini terlihat pada kursi-kursi yang diatur di bawah Tenda. 2.Wajib Pakai Masker.Dan kalau sampai ada Staf Dinas Dukcapil.baik ASN maupun TEDA yg Tidak Pakai Masker itu artinya"Melawan Pimpinan." Ungkap Ferdinandus lewat pesan WhatsApp..

Lanjutnya bahwa  setelah ia melihat  video viral  beberapa hari yang lalu,  ia langsung menegur  stafnya,  yang seharusnya  memberi contoh bagi masyarakat. 

" Kemarin setelah saya lihat Viral ini saya langsung beri teguran khusus utk kedua orang Staf ini dan ingatkan semua Staf baik ASN maupun TEDA.Sebab seharusnya ASN maupun TEDA menjadi contoh yg bai buat masyarakat.Bukan sebaliknya" Ungkapnya. ......(**/red