EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

Dinas Koperasi di Dukung DPRD Provinsi NTT Kembangkan Program di Fatumnasi

Dinas Koperasi di Dukung DPRD Provinsi NTT Kembangkan Program di Fatumnasi

TTS. Spektrum-ntt.com || Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas koperindag provinsi memberikan pelatihan destilasi minyak terapi dan bimtek menjahit aneka kerajinan dari hasil tenunan kepada kelompok masyarakat Desa Kuanoel, Fatumnasi, dan Nenas, kecamatan Fatumnasi, kabupaten TTS.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari di desa destinasi Fatumnasi dan di dukung penuh oleh komisi II serta Komisi V DPRD Provinsi NNT yang hadir langsung pada acara penutupan kegiatan jum'at, 16/10/2020.

Salah satu anggota komisi II DPRD Provinsi, Reny Marlina Un, SE.MM, dalam sepatah dua katanya memberikan apresiasi kepada dinas koperindag provinsi yang memberikan pelatihan kepada masyarakat TTS khususnya pada masyarakat yang berada di lokasi desa destinasi wisata Fatumnasi.

Selain itu Drs. Yohanes Lakapu, M.Si, anggota komisi lainnya saat di wawancara media ini mengatakan bahwa saat ini komisi II DPRD Provinsi tengah mendorong dinas koperindag provinsi untuk terus mengembangkan program yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Ini adalah program yang sangat baik karena menyentuh langsung kepada masyarakat. Karena itu kita DPRD juga mendorong pemerintah untuk memperluas lagi program seperti ini kepada desa-desa lainnya karena program ini juga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,"

Anggota DPRD provinsi asal Partai Kebangkitan Bangsa yang terpilih dari Dapil 8 (TTS) tersebut juga menegaskan bahwa komisi II siap mendukung program dinas Koperindag dari sisi anggaran.

"Kita juga siap untuk mendukung dalam pembahasan anggaran karena kegiatan-kegiatan nyata yang di lakukan Dinas Perindag ini sangat menyentuh langsung kebutuhan masyarakat,"

Lakapu juga berharap dinas koperindag dan dinas pariwisata dapat bersinergi dalam pengembangan program di Fatumnasi karena Fatumnasi sendiri merupakan desa destinasi wisata yang masuk dalam 7 besar tempat wisata prioritas di NTT.

Sedangkan Kepala Dinas Koperindag provinsi NTT Drs. M Nasir Abdullah, MM, juga mengatakan alasan Fatumnasi di pilih sebagai lokasi pengembangan program dinas adalah karena Fatumnasi merupakan daerah wisata sehingga masyarakat perlu di bimbing serta di latih kreatifitasnya untuk mampu menjadi pelaku usaha yang akan berpengaruh juga bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Karena ini adalah daerah pariwisata yah sebenarnya kita juga siapkan untuk menyambut para wisatawan dengan hasil kreatifitas dan hasil kerajinan warga. Sedangkan untuk promosi, setiap hasil yang ada kita akan ambil untuk masukan ke pameran, salah satu contoh seperti kain motif dari suku Boti yang sudah pernah kita bawa sampai pameran di Ekuador." Jelas Abdullah.

Kegiatan tersebut di akhiri dengan penyerahan bantuan hibah berupa alat produksi minyak laga dan paket alat menjahit kepada 3 kelompok masyarakat dari 3 desa oleh Kepala Dinas Koperindag provinsi NTT yang di saksikan DPRD Provinsi NTT, Kepala Dinas Koperindag kabupaten TTS, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. (**/red

 

penulis Mega

editor EppyM photo istimewa