Civitas KMK Sto. Fransiskus Xaverius-Teknik, Gelar Kegiatan KKBM di Desa Manleten, Belu

BAGIKAN

BELU.SPEKTRUM-NTT.COM || Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK) Santo Fransiskus Xaverius-Teknik gelar Kegiatan Kema Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) Perdana di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur (TasTim), Kab. Belu. Rabu (19/02/22). 

Sesuai pantauan media ini di lokasi, fokus dari Kegiatan KKBM ini antara lain, aksi sosial dan pendalaman iman. Penyelenggara kegiatan ini bersinergi dengan Pemerintah Desa bersama staf, masyarakat dalam melangsungkan setiap item kegiatan yang telah dijadwalkan.

Kegiatan Kema Kerja Bakti Mahasiswa yang diselenggarakan oleh civitas KMK Santo Fransiskus Xaverius-Teknik ini diawali dengan opening ceremony serta secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Manleten.

Adapun beberapa item kegiatan yang dilangsungkan dalam kegiatan ceremonial pembukaan ini, antara lain, pemotongan pita guna menyongsong Pesta Demokrasi KMK (ulang tahun yang ke-25) yang dilakukan langsung oleh Kepala Desa, penyerahan teknologi tepat guna (alat pertanian) kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Manleten dan aksi demonstrasi penggunaan alat pertanian yang telah disediakan oleh civitas KMK berupa, Alat Pencacah Ubi, Alat Pengupas Biji Mente dan Alat Pengupas Jangung. 

Aksi demonstrasi tersebut dilakukan oleh salah satu civitas KMK dan disaksikan secara langsung oleh Kepala Desa, Sekretaris, Mahasiswa KKN Unika Kupang, Tokoh Pemuda serta masyarakat Desa Manleten yang ikut serta dalam kegiatan ini. Aksi demonstrasi tersebut dilakukan oleh Kabid Pengembangan Organisasi.

Ketua Umum KMK, Febrigisty Cindiesty (Cici) dalam sambutannya, melantunkan limpah terima kasih kepada Pemerintah Desa dan masyarakat atas kebersamaan yang sudah dibangun sejak kemarin terutama saat pihaknya (civitas KMK) tiba di lokasi, Desa Manleten guna menyelenggarakan kegiatan Kema Kerja Bakti Mahasiswa/i (KKBM) pada ini. 

Menurutnya, kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan di tahun 2021. Pihaknya telah beraudience bersama Pimpinan Daerah Kabupaten Belu (Bupati Belu), Kepala Desa selaku pimpinan wilayah Desa Manleten, dan oleh karena meningkatnya kasus Covid-19 dan pemberlakuan PPKM level 2, maka kegiatan KKBM harus ditunda dan baru terlaksana di tahun 2022 ini. 

Dikatakan Cindiesty, seharusnya ceremonial pembukaan dilakukan pada Jumat (18/02/22) namun karena situasi tidak memungkinkan sehingga ceremonial pembukaan kegiatan ini baru terlaksana hari ini.

"Kegiatan pagi hari ini akan berlanjut hingga malam. Karena akan diadakan latihan koor bersama orang tua dan sanak saudara yang berada di desa ini. Dan kegiatan ini akan berlanjut di hari esok, yakni kegiatan pelepasan serta sayonara bersama kepala desa di gereja," tandasnya.

Diakhir sambutannya, Cindiesty mewakili seluruh civitas KMK dan alumni, yang tidak berkesempatan hadir melambungkan limpah terima kasih kepada Kepala Desa, serta bapak/ibu karena telah menyambut kedatangan pihaknya dengan baik dan penuh kasih. 

Kesempatan lain, Kepala Desa Manleten, Kristian J. R Seran dalam sambutannya, menyampaikan limpah terima kasih kepada mahasiswa/i Undana yang bergabung dalam Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK) Santo Fransiskus Xaverius-Teknik, karena sudah memilih Desa Manleten untuk melaksanakan kegiatan KKBM ini. 

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Sabtu (hari pasar) sehingga mengakibatkan kehadiran masyarakat sangat minim. Seandainya kegiatan ini dilaksanakan dengan hari Jumat atau hari lainnya, maka saya menjamin kehadiran masyarakat sangat banyak. 

Kegiatan ini kurang lebih 3 hari sesuai jadwal yang ada, dan dimulai sejak kemarin, hari ini dan hari Minggu. Segala bentuk rangkaian kegiatan telah dijadwalkan dan siap untuk kita eksekusi, ajak Kristian.

Dirinya pun berharap semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. 

Diakhir kata, Kristian menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar KMK Santo Fransiskus Xaverius jika ada hal-hal yang tidak berkenan, tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Alumni KMK, KepalMasyarakat, Tokoh Pemuda, Mahasiswa/i KKN Universitas Katholik Widya Mandira (UNIKA) Kupang dan perwakilan masyarakat desa Manleten.

Penulis : Novryano

logo logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup