Bupati Agas Launching 174 Desa/Kelurahan Cantik Di Matim

BAGIKAN

Borong. Spektrum-Ntt.com |Bupati Manggarai Timur Agas Andreas melaunching 174 desa/kelurahan cinta statistik di Manggarai Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula setda Manggarai Timur, senin 16 september 2022. Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Badan Pusat Statistik, pimpinan OPD, para camat dan para kepala desa sekabupaten Manggarai Timur.

Dalam kesempatan itu, bupati Agas menjelaskan pentingnya Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan pelaksanaan Forum Satu Data Manggarai Timur. Kita tahu bersama beberapa waktu lalu Bappeda dan seluruh OPD bersusah payah sewaktu kita diminta validasi data untuk ekstrim. Selain itu kita kesulitan mendapatkan data perencanaan pembangunan yang akurat. Tidak ada data terkini, karena itu kita langsung pengungkit ke desa/kelurahan. Ini sangat menguras energi, tenaga dan kesehatan kita. Saat itu adalah saat-saat genting, memacu semangat dan mengambil sebagian waktu istirahat kita.

"Melalui Regsosek dan Forum satu data kali ini kita akan mewujudkan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat juga data pembangunan daerah yang akurat. Seluruh Petugas Pendata Lapangan beroperasi 343 orang telah direkrut oleh Kepala Desa/Lurah. 

Secara khusus Untuk data sektoral pembangunan daerah perlu kerja Keras dari Kepala Desa/Lurah untuk melengkapinya Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur Memiliki Data Pembangunan Yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh Karena Itu, saya tegaskan agar Para Camat harus terlibat memonitor proses ini di seluruh Desa sampai memverifikasi data dari desa. Selanjutnya data desa yang telah dilakukan oleh seluruh pihak kecamatan akan diverifikasi lagi oleh Perangkat Daerah untuk selanjutnya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai wali data daerah mempublikasi data sektoral pada portal satu data Indonesia sehingga data Kabupaten Manggarai Timur dapat diakses oleh pemangku kepentingan",ungkapnya. 

Lebih lanjut ia katakan bahwa untuk pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi, Pesan saya agar Petugas tidak mendata sendiri. Perlu libatkan seluruh unsur di desa/kelurahan dalam penjagaan lapangan seperti bangun Posko di setiap desa/kelurahan agar setiap orang yang belum terdata dapat dilaporkan diri. Desa dapat menggunakan SK Satu Data Dari Desa untuk mengakomodir kebutuhan kelengkapan cakupan data Regsosek. Bangun satgas pendataan untuk kasus-kasus lapangan tertentu. Karena Regsosek merupakan kepentingan kita, kepentingan daerah, dan kepentingan negara.

"Kesempatan baik ini dimana seluruh Pimpinan OPD dan Kepala Desa hadir, maka kita akan menggunakan momentum ini sebagai momentum kebangkitan data di Kabupaten Manggarai Timur dengan melakukan Launching Forum Satu Data Indonesia, Satu Data Kabupaten Manggarai Timur dan Launching 174 Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) di Kabupaten Manggarai Timur, Kita meluncurkan 174 desa/kelurahan untuk mengikuti dua desa yaitu desa watu mori dan desa Nanga Labang yang telah dilounching pada tahun lalu", kata politisi PAN itu.

(Penulis : Epoz Ngaja)

logo logo
- Sponsored Ad - Advertisement

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup