Bimtek Enumenator di TTS Untuk Mendukung Program Satu Republik Satu Data

BAGIKAN

TTS.spektrum-ntt.com || Kementerian Koperasi dan UKM RI Membangun Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT), Yang Bertujuan Untuk Mengumpulkan Data dan Informasi Lengkap Koperasi dan UMKM Melalui Aplikasi Yang Teritegrasi Guna Mendukung Program Kerja Presiden Indonesia, Satu Republik Satu Data. 

Menyukseskan program itu, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Timor Tengah Selatan menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi SIDT bagi 58 orang petugas pendata atau enumerator bertempat di aula hotel Bahagia II Soe selama 2 hari, Jum'at dan sabtu, 13-14 mei 2022. 

Kepala Disperindagkop kabupaten TTS, Benny Frits Tobo, SE, kepada media ini menjelaskan bahwa Bimtek yang di gelar bagi petugas enumenator serentak dilakukan di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik.

"Bimtek enumenator itu program kementerian yang digelar di seluruh Indonesia untuk mendata semua pelaku UMKM dan koperasi sehingga kita bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik dalam mensukseskan kegiatan ini," Jelas Kadis Perindak OP. 

Lanjut Frits Tobo bahwa petugas enumenator yang telah mengikuti Bimtek akan bekerja selama 4 bulan terhitung bulan mei untuk mendata secara lengkap semua UMKM dan koperasi di kabupaten TTS, kemudian datanya akan di input melalui aplikasi SIDT.

Data tersebut akan digunakan sebagai pedoman Pemerintah Pusat dalam perencanaan program-program UMKM secara nasional atau pertimbangan untuk pengambilan kebijakan.

"Akhir daripada ini akan di peroleh database yang net sehingga menjadi pedoman dari pemerintah pusat dalam mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan program pembinaan terhadap koperasi dan pelaku UMKM" Ungkap Frits. 

Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop TTS, Sabta R. Ton di sela-sela kegiatan Bimtek juga mengatakan bahwa peserta Bimtek adalah anak-anak muda yang berasal dari seluruh wilayah kabupaten Timor Tengah Selatan yang di harapan dapat membantu pemerintah dalam program Satu Republik Satu Data

Latar belakang diadakannya Bimtek bagi enumenator sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, pemberdayaan dan pengembangan koperasi dan UMKM maka diamanatkan untuk pembangunan satu data Koperasi dan UMKM. 

Penulis : Mega

 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup