Beberapa Desa Di Kecamatan Paga Sikka Alami Kelangkaan Air Bersih

BAGIKAN

SIKKA. Spektrumntt.com || Beberapa Desa di kecamatan Paga kabupaten Sikka masih mengalami kekurangan pasokan air minum bersih. Hal ini disampaikan oleh Bapak Ignasius Sega ketika dimintai keterangan di kediamannya di Lisabheto, (20/09/2020).

Ignasius Sega yang juga sebagai mosa laki dari Desa Persiapan Lisabheto ini mengatakan bahwa warga sudah mulai mengalami kelangkaan air minum bersih ketika musim kemarau tiba. Hampir semua kali besar di wilayah Paga, Wolowiro dan sekitarnya mati dan tidak dialiri air. Kondisi ini diakibatkan oleh ulah manusia yang menebang pohon sembarangan sampai ke tempat mata air. Salah satu lokasi yang menjadi harapan masyarakat adalah Mata air Oja di Dusun Ijukutu desa Wolowiro. Debet air di Oja di dusun Ijukutu Desa wolowiro masih stabil walaupun di musim kemarau panjang.

Hendrikus Moa, S. H, warga Desa Wolowiro mengatakan bahwa jarak dari pemukiman penduduk ke mata air sekitar dua kilometer. Debet air Oja sekitar 15 hingga 20 liter per detik berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan.

Kami mengharapkan perhatian serius dari Pemda Sikka, sehingga Mata air Oja di dusun Ijukutu Desa Wolowiro bisa dipergunakan oleh warga sekitar. Sementara berdasarkan kalkulasi dari Tim survei debet air ini bisa dialirkan ke lima Desa yakni Desa Persiapan Begu, Wolowiro, Mbengu, Paga, dan Kotandelu.

Fransiskus Regis Renga, toko muda masyarakat Wolowiro mengharapkan agar ada perhatian serius Pemda Sikka soal air minum bersih ini di kecamatan Paga. Lebi lanjut, Firgis mengatakan bahwa untuk anggaran di desa tidak mencukupi untuk melakukan penjaringan pipanisasi ke desa desa. Sehingga harus berharap kepada pemerintah daerah Sikka. Untuk sementara kisaran anggaran untuk air minum ini sebesar 20an miliar.

Yoseph Karmianto Eri, S. Fil, wakil ketua DPRD kabupaten Sikka mengatakan bahwa usulan masyarakat ini harus dituangkan dalam Musrenbang tahun 2021 sehingga akan diupayakan untuk untuk dialokasikan untuk tahun 2022 sebesar 10 miliar. Lebi lanjut, Manto Eri mengatakan bahwa akan meminta kepada Bupati Sikka untuk fokus membangun Air minum bersih di kecamatan Paga.

" Sebaiknya di kecamatan Paga, Pemda Sikka fokus untuk pembangunan Air bersih di tahun 2022" tutupnya. (**/red

 

penulis Orinus

editor EppyM photo Internet. 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup